Wednesday, March 17, 2010

-> Selamat ... !!!

Tahun Baru Saka 1932, 17 Maret 2010 ...!

16 Maret 2010, bertepatan dengan tilem kesanga (bulan mati ke sembilan dalam penanggalan Bali ), kembali ... Hari Raya Nyepi memperlihatkan kebesarannya, ... selama 24 jam penuh
Bali sepi hening - heneng - henung ....


Salah satu bukti nyata dari kebesaran Hari Raya Nyepi selain dilaksanakannya catur brata penyepian ~ amati karya ... tidak bekerja, amati gni ... tidak berapi-api, amati lelungan ... tidak bepergian, dan amati lelangunan ... tidak bersenang-senang ~ adalah udara bali serasa bersih tanpa noda.

Berlatar belakang birunya langit ..... burung-burung dan binatang lainnya serasa menemukan alamnya, seperti di hutan ... tanpa deru suara dan asap kendaraan bermotor ... mereka begitu senang.

Pernafasan begitu lega, ... udara terbebaskan dari polutan ... malam hari lebih terasa lagi, hembusan angin, .... bintang-bintang seakan berlomba memperlihatkan kecantikannya kepada bumi, .... begitu molek....!

Secara physik, ... mematikan lampu sehari barangkali belum cukup dan/atau ... melaksanakan Nyepi setiap hari, ... juga memang tidak mungkin .... tapi menanamkan rasa kebanggaan dan cinta terhadap alam beserta isinya (Bhuwana Agung lan Alit) sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi .... hentikan segala propaganda seakan-akan memihak kepada alam .... tapi lakukanlah yang terbaik untuk alam seperti suasana yang diperlihatkan oleh nyepi ..... hening-heneng-henung ......... Wow udara sueeeeegar sekali .....!!!!

Salah satu action yang bisa anda lakukan tanpa perlu banyak propaganda adalah bersepeda .... bersepeda..... dan terus bersepeda, .... bukan hanya untuk berolah raga tapi dalam segala aktifitas ......!!!!!!

Selamat untuk Bali, ...
semoga bersih-damai skala/niskala ...
... engkau berhak berbicara masalah lingkungan ...!!!

Dewa Satak.

No comments:

Post a Comment